Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 02 Januari 2017

Kasus Super Langka! Wanita Ini Hamil Lagi Saat Sedang Hamil

Kate Hill mengandung Charlotte, 10 hari kemudian terjadi pembuahan yang menghasilkan Olivia

Seorang wanita di Australia pada Novermber 2016 silam, memiliki dua bayi perempuan pada hari yang sama, tapi mereka tidak kembar. Kate Hill mengandung Charlotte, 10 hari kemudian terjadi pembuahan yang menghasilkan Olivia. Ini adalah bukti bahwa ibu mereka hamil lagi ketika masih hamil!


Baca: Ikan Killi si Ikan Super Yang Mampu Tahan Racun 8 Ribu Kali Lipat


Superfetation berbeda dengan kembar
 
Fenomena yang dikenal sebagai superfetation ini, terjadi ketika seseorang yang sedang hamil, berhasil untuk hamil lagi.

Hal itu terjadi setelah sperma dan sel telur yang berbeda dan berhasil bersatu, kemudian bergabung bersama dengan hasil pembuahan yang terdahulu.

Superfetation berbeda dengan kembar

Kejadian ini berbeda dari kembar. Kembar identik terbentuk ketika satu sel telur dibuahi lalu terbagi menjadi dua.

Kembar fraternal terjadi, ketika dua telur terpisah dibuahi oleh dua sperma yang terpisah. Meskipun terdengar mirip dengan superfetation, embrio kembar fraterna memiliki usia yang relatif sama, sedangkan pada superfetation tidak.

Hanya ada 10 kasus terlaporkan

Sejak Hill hamil pada dua hari yang berbeda, janin berkembang pada tahap yang berbeda. Meskipun mereka lahir pada hari yang sama, secara teknis mereka memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda.
Kate Hill USG.

Kate Hill USG


“Superfetation sangat jarang terjadi. Saat saya sudah hamil, tubuh saya secara spontan merilis telur yang lain, sehingga usia kehamilan dua embrio juga berbeda,” kata Hill.

“Apa yang membuat hal ini bahkan lebih langka adalah, suami saya dan saya hanya melakukan hubungan satu kali setelah tahu saya hamil dan sperma suami tetap hidup selama 10 hari untuk membuahi sel telur kedua.”

Menurut berita Today Tonight, di dunia ini hanya ada 10 kasus superfetation yang terlaporkan. Superfetation begitu langka yang hanya ada segelintir kasus yang terdokumentasi.

Dokter yang merawat Hill mengatakan, bahwa dia sampai harus bertanya ke Google karena tidak bisa menemukan literatur medis tentang fenomena tersebut.
The couple welcome their miracle daughters in to the world two days before their due date.

Peter and Kate Hill welcome their miracle daughters in to the world two days before their due date.

Peter dan Kate Hill Beserta Anak Kedua Anak Bayinya

Pendapat beberapa ahli

Menurut pendapat Jason James, M.D., direktur medis di Miami FemCare Ob-Gyn, mengatakan superfetation terjadi pada beberapa spesies hewan seperti kelinci dan tikus, tetapi “sangat langka” pada manusia.


Menurut pendapat Michael Cackovic, MD, dokter kebidanan dan kandungkan di Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan: Secara teoritis, superfetation mungkin terjadi, setidaknya sampai rahim “menutup” setelah telur dan sperma bersatu, yang biasanya terjadi 10 hari sejak kehamilan kehamilan terdahulu.

Bayi Peter dan Kate Hill Setelah Lahir
Menurut pendapat Sherry Ross, MD, dokter kebidanan dan kandungan dan ahli kesehatan wanita di California Providence Saint John, mengatakan bahwa kondisi ini “kurang dipahami dan agak mistis untuk komunitas medis”.

Namun, dia menambahkan, bukan berarti itu tidak memungkinkan. Beberapa fenomena medis tidak bisa kami jelaskan dengan alasan atau logika apa pun.

Secara medis aneh karena tak mungkin

Ada beberapa alasan mengapa superfetation begitu tidak mungkin. Pertama-tama, setelah hamil, tubuh Anda seharusnya menghentikan ovulasi. Itu berarti tidak boleh ada telur kedua (kecuali keduanya dirilis secara bersamaan, seperti pada kembar fraternal). Bahkan jika Anda tidak hamil, ovulasi hanya terjadi setiap 28 hari.

Plus, fakta bahwa Hill dan suaminya hanya melakukan seks sekali, menunjukkan bahwa sperma tampaknya tinggal selama 10 hari di dalam diri Hill sebelum membuahi telur yang lain.

Yang juga membingungkan, biasanya sperma hanya dapat hidup dalam tubuh wanita sampai lima hari. “Itulah super sperma,” kata Sherry Ross, MD.

Terakhir, biasanya terbentuk lendir selama kehamilan untuk mencegah sperma memasuki leher rahim, dan lapisan rahim biasanya mengalami perubahan yang membuatnya tidak memungkinkan untuk embrio baru tertanam di sana, jelas James.

“Tapi tidak ada yang begitu hitam dan putih yang tidak mungkin terjadi di dunia ini,” kata Sherry Ross.

Michael Cackovic setuju dengan Sherry Ross, ia mengatakan, “Salah satu episode hubungan seksual dengan dua kehamilan 10 hari terpisah adalah kejadian yang sangat menakjubkan,” katanya.

Kemungkinan penyebab

Salah satu penjelasan potensial terletak pada perawatan kesuburan, kata Michael Cackovic. Hill pernah menjalani terapi hormonal karena sindrom ovarium polikistik.

“Obat hormonal yang digunakan untuk perawatan kesuburan mungkin mengubah fungsi-fungsi reproduksinya, meskipun masih belum jelas bagaimana superfetation terjadi,” kata Jason James, M.D.

Tapi karena Hill melakukan terapi bantuan reproduksi, dokter bisa menentukan kapan tepatnya dia hamil, sehingga ini dipercaya sebagai benar-benar kasus superfetation.

Diketahui pula bahwa kehamilan terjadi setelah Hill mulai terapi hormon untuk sindrom ovarium polikistik (polycystic ovarian syndrome) yaitu sejenis terapi kesuburan.

Selain itu, embrio berkembang pesat, terutama pada tahap awal, jadi itu cara lain untuk melacak perkembangan kehamilan Hill dan melihat bahwa dua embrio berada di fase yang berbeda.

Sementara Ross mengatakan, wanita yang juga menjalani terapi kesuburan tidak perlu khawatir akan tiba-tiba berakhir membawa dua bayi karena superfetation.

Jason James setuju. “Ini sangat langka, meskipun kami pikir superfetation terus terjadi dari waktu ke waktu,” katanya. “Tapi ketika itu terjadi, tidak ada yang benar-benar yakin bagaimana atau mengapa itu bisa terjadi.

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

Pages

Back To Top